Lenirizkiani's Blog

Just another WordPress.com site

  • May 2012
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 1 other follower

    • 13,368 hits
  • Subscribe

hubungan bilateral indonesia dengan negara lain

Posted by lenirizkiani on May 8, 2012

Hubungan bilateral adalah hubungan antar dua negara yang sah berlandaskan kepentingan nasionalnya. Hubungan Indonesia-Australia sudah terjalin sebelum kemerdekaan. Pada masa kolonial (1788 – 1901), saat Australia masih terjajah oleh Inggris dan Indonesia terjajah oleh Belanda, kedua negara tersebut mulai mengembangkan jalur pelayaran dibawah kepemimpinan Inggris dan Belanda.Dalam bidang ekonomi, Australia adalah negara dengan perekonomian terbaik di dunia. Begitu pula Australia menganggap bahwa wilayah Indonesia merupakan wilayah yang strategis dan sebagai mitra perekonomian yang penting.
Hubungan mesra perekonomian Indonesia-Australia terlihat saat krisis 1997 yang menerka Indonesia. Hal ini merupakan faktor utama Indonesia mengadakan hubungan dengan Australia yang memiliki perekonomian terbaik di dunia. Sejak itulah Australia menanamkan investasi kepada Indonesia dan menjadi mitra bisnisnya. Hubungan keduanya berpengaruh sangat baik bagi ekonomi Indonesia. Tingkat inflasi menurun drastis, nilai tukar terhadap US$ menjadi stabil, dan devisa meningkat. Meningkatnya perekonomian Indonesia dan Australia juga bersumber dari bidang pariwisata. Ketertarikan wisatawan Indonesia terhadap Australia dan begitu pula sebaliknya juga berpengaruh pada hubungan kedua negara. Pada tahun 1989, Indonesia-Australia mendirikan suatu lembaga untuk mengembangkan kestabilan hubungan, memberikan informasi serta mengembangkan peluang kerjasama ekonomi antar keduanya. Australia merupakan negara kelima terbesar sebagai pemberi donor kepada Indonesia untuk menangani kasus kemiskinan, kesehatan dan keuangan negara.
Hubungan keduanya tidak terlepas dari kepentingan nasionalnya masing-masing. Keduanya merupakan mitra yang saling menguntungkan. Sekarang pun dibawah kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhyono masih meningkatkan hubungan dengan Australia dengan menyepakati kemitraan ekonomi komprehensif guna meningkatkan perekonomian dengan peluang yang lebih besar lagi serta meningkatkan investasi dan perdagangan yang lebih erat, imbang dan saling menguntungkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: