Lenirizkiani's Blog

Just another WordPress.com site

  • January 2011
    M T W T F S S
    « Dec   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 1 other follower

    • 15,499 hits
  • Subscribe

TUGAS ENERGI ALTERNATIF

Posted by lenirizkiani on January 7, 2011

pengertian energi alternative
Pembuatan biodiesel dari kelapa sawit
Energi alternatif adalah energi pengganti daripada energi yang sering kita gunakan
misalnya:minyak tanah,batu bara,atau bensin dimana sumber energi ini merupakan bahan bakar fosil yang nantinya bisa habis.
Ò Energi alternatif merupakan energi yang bisa terbarukan atau bisa dipakai terus-menerus, mudah didapatkan dan ramah lingkungan.
Contoh energi alternative:
Ò Matahari
Ò Angin
Ò Air
Ò Panas bumi
Ò Biogas
Ò Minyak hewani
Ò Minyak nabati (Biodiesel)
Pemilihan judul BIODIESEL
Ò Biodiesel adalah merupakan salah satu energi alternatif yang bahan bakunya dari nabati.
Ò Biodisel bisa dibuat dari :
kelapa sawit
jarak pagar
kemiri
kapuk
kelor
nyamplung
Pemilihan biodiesel dari kelapa sawit
Ò Dipilih kelapa sawit sebagai bahan baku biodiesel karena kelapa sawit kandungan minyaknya paling banyak diantara minyak nabati tersebut diatas, mudah ditanam dan jumlah tanamannya sangat banyak di Indonesia.
Ò Nilai kalorinya hampir sama dengan solar
Ò Tidak menimbulkan polusi atau ramah lingkungan.
Pembuatan biodiesel dari kelapa sawit
Ò Pembuatan biodiesel dari minyak kelapa sawit dilakukan dengan mengubah trigliserida (komponen utama minyak nabati) menjadi metil ester asam lemak, dengan memanfaatkan katalis pada proses metanolisis/esterifikasi.
Pemakaian biodiesel
Ò Pemakaian Biodiesel untuk otomotif sudah banyak di lakukan di luar negeri seperti di Jerman , Perancis , Jepang dan Malaysia
Ò Sedangkan di Indonesia baru diperkenalkan pada tahun 2005 dan saat ini sudah dipakai untuk otomotif dengan dicampur hingga 5 % dengan solar yang dikenal dengan “BIOFUEL”.
Sunber :http://profesorardi.blogspot.com

pengertian energi alternatif : merupakan istilah yang digunakan untuk semua energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Ini merujuk pada teknologi untuk menghasilkan bahan bakar selain fosil atau minyak bumi. Ini diperlukan mengingat minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.
Berdasarkan Oxford dictionary, energi alternatif sebagai energi yang digunakan dengan tujuan untuk menghentikan adanya penggunaan sumber daya alam yang ada atau adanya perusakan lingkungan. Mulai dicari ketika sumber energi yang sebelumnya dipergunakan sudah mulai langka sehingga harganya menjadi mahal, terlebih jika sumber energi tersebut habis.
Selain itu, isu pemanasan global disebut-sebut sebagai dampak penggunaan energi minyak bumi yang saat ini memang dijadikan sumber energi utama dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Hal tersebut memaksa kita mencari energi lain yang potensial. Energi lain inilah yang dinamakan energi alternatif.
Kriteria Energi Alternatif
Pengertian energi alternatif lainnya yaitu sumber-sumber energi pengganti sumber energi yang telah menipis ketersediaannya di alam. Contohnya, minyak bumi yang volumenya kian menipis. Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa energi alternatif yang diinginkan adalah energi alternatif yang memiliki kriteria sebagai berikut.
Penggunaan energi alternatif ini dapat digunakan berulang-ulang.
Energi alternatif yang dipilih jumlahnya sangat berlimpah di alam.
Pengolahannya tidak merusak alam.
Tidak berbahaya, aman, serta tidak menimbulkan berbagai penyakit akibat pengolahan atau penggunaan energi alternatif tersebut.
Tidak adanya limbah dalam bentuk apapun yang sifatnya merusak alam atau dengan kata lain energi alternatif tersebut ramah lingkungan.
Untuk mendapatkan energi alternatif yang memenuhi kriteria tersebut, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, dilakukanlah berbagai penelitian. Penelitian tersebut prosesnya rumit dan cukup memakan waktu. Namun, hal itu tetap diupayakan oleh berbagai negara untuk mendapatkan energi alternatif ramah lingkungan sehingga akhirnya ditemukan berbagai energi alternatif tersebut.
Pembagian Energi Alternatif
Berdasarkan upaya-upaya tersebut, saat ini, energi alternatif dibag menjadi dua golongan.
1. Energi Alternatif Sebagai Pengganti Minyak Bumi
Energi alternatif yang termasuk ke dalam golongan ini, yaitu elpiji, biofuel, hidrofuel, biomassa, biogas, biodiesel, metanol, campuran spirtus, dan sebagainya. Selain itu, kini energi alternatif sudah ada yang bersumber dari air murni, air laut, bunga matahari, gula, sampah, minyak jelantah, kompos, kotoran hewan, eceng gondok, biji jarak, alkohol, kelapa sawit, bonggol jagung, dan sebagainya.
2. Energi Pembangkit Listrik Alternatif
Pembangkit listrik alternatif didapat dari panel surya, pambangkit tenaga gelombang permukaan laut, pembangkit hidrogen, pembangkit tenaga nuklir, dan sebagainya.
Sumber : http://www.anneahira.com/pengertian-energi-alternatif.htm

Energi Alternatif disebut juga energi pengganti. Energi alternatif sangat dibutuhkan untuk mengganti energi yang biasa dipakai selama ini yaitu energi yang berasal dari fosil.
Energi fosil adalah energi yang berasal dari sisa-sisa hewan yang sudah mati tertimbun di dalam tanah berjuta-juta tahun yang lalu. Contoh energi fosil adalah: bensin, solar, kerosin, minyak tanah
Energi alternatif bisa juga diartikan energi selain energi fosil. Adapun contoh energi alternatif sebagai berikut:
A.     Matahari
Matahari adalah sumber energi terbesar yang ada di bumi. Energi matahari dimanfaatkan oleh manusia dan tumbuhan. Bagi manusia energi matahari digunakan untuk menjemur pakaian, menjemur padi dll.
Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu:
1.Pemanasan ruangan
2.Penerangan ruangan
3.Kompor matahari
4.Pengeringan hasi pertanian
5.Distilasi air kotor
6.Pemanasan air
7.Pembangkitan listrik

B.     Angin
Angin dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk bermain laying-layang, menjalankan perahu, berolahraga selancar dll. Angin juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternative yaitu sebagai pembangkit tenaga angin.

C.     Air
Selain untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti minum, mencuci dll. Air dapat dimanfaatkan sebagai PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air )

D.     Panas Bumi ( Geothermal )
Energi alternatif lain yang dapat digunakan adalah panas bumi. Panas bumi adalah panas yang berasal dari panas yang ada pada inti bumi. Apabila ada daerah yang pusat buminya dekat dengan permukaan maka panas bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai  pembangkit listrik tenaga panas bumi.
Selain energi alternatif yang sudah disebutkan di atas ada beberapa energi alternative lain seperti biogas dan biodiesel.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN ENERGI ALTERNATIF
a.       Keuntungan
Sumber energi alternative dapat digunakan terus karena tidak akan habis
Energi yang dihasilkan sangat besar
Energi alternatif tidak mencemari lingkungan
b.      Kerugian
·        Dibutuhkan biaya yang besar untuk memanfaatkan energi alternative
·    Dibutuhkan teknologi tinggi dan pemikiran yang rumit untuk memanfaatkan energi alternatif
·        Tersedianya juga dipengaruhi musim. Contoh air akan banyak ketika musim penghujan tetapi akan berkurang ketika musim kemarau

Sumber : http://agusprayugo.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: